KM. Kelimutu I Milik Pemkab Ende Diduga Raib

Paca tenggelam, KM. Kelimutu I ditambatkan di pesisir Pantai Ende. (dok foto itimewa)


Ende, Kelimutu Pos

Kapal Motor (KM) Kelimutu I milik Pemkab Ende, NTT diduga hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Sejak diadakan hingga saat ini, kapal tersebut belum pernah digunakan. Mirisnya lagi peristiwa tenggelamnya kapal tersebut pernah menjadi berita utama dan tontonan publik Kabupaten Ende diakhir Desember tahun 2018.

Kapal motor yang diadakan Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, tahun anggaran 2017 sebesar Rp.1,2 Miliar, yang bersuber dari Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ende. Faktanya keberadaan fisik kapal tersebut tidak diketahui secara pasti hingga saat ini.

Pasca tenggelamnya KM. Kelimutu I diakhir tahun 2018, kapal tersebut ditambatkan di pesisir Pantai Ende dan dibiarkan terlantar dalam waktu yang cukup lama. Sejak diadakan hingga peristiwa tenggelamnya kapal tersebut, belum sekalipun digunakan sesuai peruntukannya. Rencananya, KM Kelimutu I akan digunakan Pemkab Ende untuk pelayanan pemerintahan, sehingga didesain secara khusus.

Sayangnya dana seberas Rp. 1, 2 Miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Ende harus mubazir. Kuat dugaan pengadaan kapal tersebut terkesan asal jadi dan tidak sesuai perencanaan awal. Kasus tenggelamnya KM. Kelimutu I kabarnya pernah ditangani aparat penegak hukum. Sayanggya akhir dari penanganan kasus tersebut juga terkesan raib, seiring raibnya fisik kapal KM Kelimutu I.

Informasi yang dihimpun media ini dari berbagai sumber di Ende menyebutkan, pasca tenggelamnya KM Kelimutu I diperairan Pantai Ende, kapal tersebut ditambatkan dipesisir Pantai Ende. Belum.adanya dana pemeliharaan, KM Kelimutu I ditambatkan dalam waktu yang lama dan terkesan diterlantarkan. Pasca disoroti media dan publik Kabupaten Ende, KM. Kelimutu I kabarnya ditarik ke Kupang untuk perbaikan. Sayangnya sejak saat itu keberadaan KM. Kelimutu I menjadi misteri. Banyak kisah dan dugaan korupsi pengadaan KM. Kelimutu I, termasuk kabarnya perubahan pada spesifikasi mesin yang tidak sesuai perencanaan awal (RAB).(KP/Son Bara)
Lebih baru Lebih lama